Honda CBR Indonesia: Kelebihan dan Kekurangan DOHC

Matabumi.com - Double Over Head Cam atau DOHC.. sering dianggap “wah” untuk teknologi motor. Memang teknologi yang bagus dan canggih, tapi sering dihubung-hubungkan dengan performa dan horse power. Kyaknya anggapan itu tidak sepenuhnya benar (ada benernya.. tapi gak 100%).

SOHC, DOHC, sebenernya sama aja, semua ada kelebihan dan kekurangan dan gak mutlak ngefek ke horsepower, yang ada adalah keuntungan dan kerugian mekanis. DOHC punya keuntungan mekanis dengan moving parts yang lebih sedikit, gak ada rocker arm, dan nyetel kerenggangan klep, gak ada istilah setelan klep berubah. Tapi bukan berarti DOHC memberikan sumbangsih pada performa.

Keunggulan DOHC adalah lobe untuk klep buang dan isap yang terpisah membuat kita leluasa mengatur overlap klep, dan timing buka tutup klep.. Jadi dengan itu saja “ngulik” DOHC jadi lebih seru dan so pasti berdampak pada hp.. Jadi DOHC memberi kemudahan akses pada tuning.. gak seperti SOHC yang harus bubut kem, atau tambal kem.. Dial Cam DOHC pun lebih gampang.. karena tiap lobe di dial sendiri-sendiri.

Tapi mari dipikir… satu spek mesin yang sama.. katakanlah CBR 150, dengan 4 klep yang lebarnya sama, lalu andai satu dengan head DOHC, dan satu dengan head SOHC 4 klep… dengan durasi klep yang sama, lift yang sama, overlap yang sama, kerenganggan klep yang sama. Apakah keluaran Horse Powernya akan terpaut jauh? Mungkin hanya sekitar 1dk atau kurang.[sykr]

Leave a Reply

Tinggalkan Komentar Brother disini. Keep Comment, Keep Solid and Keep Brotherhood Bikers Forever. Salam HCI

    Related Blog

    Related Blog