Honda CBR Indonesia: Tips Merawat Motor Injeksi



Saudara-saudara para bikers Indonesia, modifikasi memang suatu hal yang menyenangkan buat pengendara motor karena dapat menunjang penampilan si kuda besi menjadi lebih menarik dan memberikan kepuasan tersendiri bagi pemiliknya. Kita sering melihat aliran modifikasi yang sifatnya ekstrim dengan merubah sebagian part yang ada di motor termasuk mesin dan rangka aslinya. Itu sah-sah saja karena memang setiap orang memiliki rasa tidak pernah puas dan ingin tampil beda. Naah di era modern ini setiap produsen motor berlomba-lomba mengeluarkan motor yang ramah lingkungan dan irit bahan bakar. Hal ini hanya bisa di capai dengan mengunakan sistem injeksi dan pengontrolan dari ECU (Electronic Control Unit). Dengan mengunakan ECU konsumsi bahan bakar akan lebih irit karena bahan bakar yang masuk di sesuaikan dengan suhu dan kinerja mesin. Hasil pembakaran motor EFI (electronic fuel injection) jauh lebih sempurna sehingga emisi bahan bakar menjadi berkurang.
Seperti yang kita tahu nih brother2 sekalian, salah satu contoh motor sport legendaris di Indonesia yang sudah menggunakan sistem injeksi yaitu Honda CBR. Sejak dipasarkannya Honda CBR 250r dan new CBR 150r di Indonesia pada tahun 2011 lalu hingga varian terbarunya yang memiliki dua lampu (biasa disebut K45 series) sudah menggunakan sistem injeksi menggantikan sistem karburator yang ada pada pendahulunya, yaitu CBR 150r old yang ramping. Perawatan motor injeksi dan karburator tentu berbeda. Begitu pula jika ingin memodifikasi motor dengan sistem injeksi tidak bisa dilakukan secara sembarangan, karena di motor injeksi terdapat banyak sensor serta perangkat elektronik yang sangat sensitif. Apabila keliru dalam memodifikasi motor injeksi maka bisa berakibat fatal seperti motor mati atau mogok. Jadi sebelum hal yang tidak diinginkan terjadi, berikut tips merawat motor-motor injeksi brother2 semua:

1. Jaga kebersihan selang saluran bahan bakar
Apabila Selang kotor ataupun bocor maka kinerja injektor tidak akan menjadi maksimal. Injektor memiliki fungsi yaitu menyemprotkan kabut bahan bakar dengan tekanan tinggi ke mesin yang takaran dan waktunya diatur oleh piranti Electronic Control Unit (ECU).Komponen tersebut selain berperan penting dalam menentukan proses pembakaran di ruang bakar mesin,  juga sangat menentukan boros tidaknya komsumsi bahan bakar yang digunakan pada sebuah motor.Namun ketepatan sistem kerja itu juga tergantung komponen lain, termasuk selang dan pompa bahan bakar.Oleh karena itu selang wajib selalu di periksa setelah motor menempuh jarak 2000 kilometer dan gunakan bbm yang beroktan tinggi dan jangan megunnakan bbm bersubsidi.

2. Rawat ECU dengan baik
ECU atau singkatan dari Electronic Control Unit adalah otak yang mengatur keseluruhan unit injektor pada motor injeksi , baik takaran bahan bakar yang akan di semprotkan maupun bukan tutup klep injektor. Sehingga bila komponen ini terganggu maka akan menyebabkan kinerja injektor tidak akan berjalan dengan baik. Misalnya, seperti semburan bahan bakar yang tidak sesuai dengan takaran. Dari hal tersebut maka akan berakibat stationer mesin menjadi tidak stabil. Bila tingkat kerusakan yang terdapat pada komponen ECU telah parah, maka kendaraan tidak akan bisa dijalankan . Oleh karena itu sangat di anjurkan untuk secara rutin memeriksa kabel pada kelistrikan.

3. Periksa pompa bahan bakar.
Jika brother2 mempunyai motor injeksi seperti CBR 250r dan new CBR 150R yang sudah menggunakan sistem injeksi, sebaiknya anda melakukan pemeriksaan pada pompa bahan bakar. Jika terdengar suara mendesing di bagian tangki, ini merupakan gejala filter pompa bahan bakar tergantung. Untuk mengatasi hal ini nda bisa membersihkan dan sekaligus menguras tangki bahan bakar . Dengan cara tersebut anda akan mendapatkan hasil yang maksimal agar fuel pump tidak terganggu.


4. Periksa rutin busi dan bersihkan filter udara
Saat proses pembakaran di ruang bakar,busi merupakan sebuah komponen motor yang berfungsi untuk pemantik api yang dibutuhkan.Ketepatan pantikan api yang di hasilkan busi dengan semburan bahan bakar (bensin) yang bercampur udara di ruang bakar sangat menentukan sempurna tidaknya proses pembakaran. Proses pembakaran yang tidak sempurna akan menjadikan proses tidak maksimal dan juga menjadikan bahan bakar mubazir, tenaga dari mesin pun nge drop, oleh karena itu bersihkan busi selalu agar pantikan api sempurna selain itu atur ulang tingkat kerenggangan sumbu dan katub busi.
Begitupun dengan filter udara , Bila filter kotor maka anda bisa segera bersihkan sedangkan bila sel sel kertas telah sangat kotor atau rusak lebih baik anda segera melakukan pergantian dengan yang baru. Yang perlu brother2 ketahui, filter yang rusak atau kotor akan menghambat  hembusan udara ke ruang bakar. Padahal kesempurnaan proses pembakaran di ruang bakar mesin tersebut sangat ditentukan oleh komposisi yang ideal antara udara dan juga bahan bakar.

Itulah beberapa tips untuk merawat motor injeksi kesayangan anda. Selain itu, ada beberapa tips nih buat sobat-sobat yang ingin memodifikasi motor injeksinya. Apabila anda mengganti tangki motor sebaiknya pompa bensin asli tetap dipertahankan dengan posisi dan kemiringan yang sama karena Jika posisinya berubah tentu berdampak pada performa mesin yang kurang maksimal. Apabila ingin memodifikasi part yang berkaitan dengan kelistrikan seperti mengganti lampu HID atau LED sebaiknya berhati-hati dan serahkan motor anda ke bengkel yang terbukti ahli dalam memodif kelistrikan motor injeksi. Sebaiknya ECU jangan di otak-atik, jika ingin mengganti dengan ECU racing maka simpanlah di bagian yang tertutup dan terhindar dari percikan air. Jangan mengganti kunci kontak orisinil karena di part ini terdapat banyak sensor. Ada contoh kasus modifikator yang mengganti shock depan motornya dan mengganti kunci kontaknya, hasilnya motornya tidak hidup. Setelah diganti kembali dengan kunci kontak orisinil barulah motor tersebut bisa hidup.

Sekian sedikit tips dari kami tentang merawat morot injeksi, semoga bermanfaat. Next artikel kita akan membahas bagaimana cara mendongkrak performa motor injeksi. Biar lebih asik lagi, silahkan bergabung dengan komunitas motor agar mendapatkan referensi yang lebih banyak, anda bisa merapat ke kopdar Honda CBR Indonesia (HCI).


Leave a Reply

Tinggalkan Komentar Brother disini. Keep Comment, Keep Solid and Keep Brotherhood Bikers Forever. Salam HCI

    Related Blog

    Related Blog