Honda CBR Indonesia: Tips Aman Mudik Menggunakan Motor

HCImaniak, tak terasa sebantar lagi lebaran tiba. Pada saat momen lebaran, tidak asing bagi kita yang namanya mudik atau pulang ke kampung halaman untuk bersilaturahmi dengan sanak saudara. Banyak cara atau pilihan yang dilakukan untuk bisa berangkat mudik, salah satunya mudik dengan sepeda motor kesayangan. 

Yup, mudik menggunakan motor masih menjadi pilihan bagi banyak kalangan. Alasannya antara lain agar murah, praktis dan hemat waktu. Apalagi bagi yang memang hobi mengendarai motor dan sering touring atau melakukan perjalanan jauh. Mudik dengan sepeda motor juga bisa menjadi solusi apabila kita kehabisan tiket kendaraan umum. Namun demikian, mudik dengan motor memiliki risiko yang tinggi. Terlebih karena motor itu sendiri bukan diperuntukkan untuk perjalanan jauh. Tapi bagi anda yang sudah yakin dan mantap untuk mudik dengan motor kesayangannya, ada beberapa tips dari kita:

1.Periksa Kondisi Motor
Sebelum mudik, sangat perlu untuk memeriksa kondisi tunggan anda yang meliputi kecukupan bahan bakar, mesin dan oli apakah dalam kondisi prima dan siap jalan. Selain itu perkisa juga kelayakan rem depan dan belakang, roda depan dan belakang, serta lampu pendukung. Apabila ada part yang tidak memungkinan, segera diganti demi keselamatan dan hati akan tenang.

2.Gunakan Safety Gear yang Lengkap
Safety Gear lengkap
Gunakan helm full face yang SNI, pakai jaket senyaman mungkin agar melindungi tubuh dari terpaan panas matahari dan angin, dan jangan lupa gunakan masker karena perjalan mudik tentu akan diwarnai dengan kondisi medan berbau hingga polusi asap knalpot. Cuaca yang tidak bisa diprediksi jangan sampai mengganggu perjalanan anda, maka siapkan juga jas hujan.

3. Jangan Bawa Barang Berlebihan
Tidak dianjurkan membawa barang terlalu banyak
Motor tidak bisa menampung barang bawaan yang banyak. Membawa barang dengan mobil saja ada aturannya, apalagi dengan motor. Perhatikan hal ini jika anda mudik bersama boncenger. Bawa barang seperlunya saja, kirimkan oleh-oleh Ramadhan melalui jasa pengiriman barang. Nah juka ingin mudik aman dengan membawa barang yang lumayan banyak, gunakan box yang diletakkan dibelakang motor.


4.Sebaiknya Hanya untuk Perjalanan yang Tidak Terlalu Jauh
Jika tujuan mudik anda misalnya dari Jakarta ke Jawa Tengah atau Jawa Timur, sebaiknya tidak menggunakan sepeda motor. Apabila terpaksa menggunakan motor, sering-seringlah berhenti untuk istirahat dan siapkan fisik dan mental anda. Apabila mengantuk, sebaiknya berhenti dan sempatkan untuk tidur sebentar agar tubuh kembali segar. Manfaatkan ratusan pos istirahat yang sudah tersedia sepanjang arus mudik.

Itulah beberapa tips bagi anda yang ingin mudik dengan sepeda motor. Semoga bermanfaat dan selamat sampai tujuan

Leave a Reply

Tinggalkan Komentar Brother disini. Keep Comment, Keep Solid and Keep Brotherhood Bikers Forever. Salam HCI

    Related Blog

    Related Blog