Honda CBR Indonesia: Kesan Pertama Menunggangi CBR250RR


HCImaniak, kembali kami hadir dengan artikelnya setelah sekian lama vakum, kali ini akan membahas impresi dan kesan saat pertama kali membejek motor sport terbaru Honda, yakni Honda CBR250RR. Sebenarnya pembahasaan kali ini terkesan sudah basi karena motor ini udah 3 Bulan lebih diperkenalkan Honda dan di jalanan sudah mulai tampak berseliweran. Yaa tapi gapapa lah, itung2 berbagi pengalaman siapa tau ada bro n sis yg awalnya berencana membeli nih motor malah jadi makin tertarik dan juga  euforia motor ini masih berasa cuy sampe sekarang, ye gak?

Haha gausah berlama-lama lagi lah pake basa-basi segala, langsung aja kita kupas tuntas. Motor yg admin test kali ini adalah motor dari member baru Honda CBR Indonesia (HCI) yang sudah 1 bulan lebih bergabung dengan HCI, yaitu bro Salomo#124. Doi member HCI pertama yang memiliki motor ini, dan knalpot orisinil nih motor langsung di ganti dengan knalpot racing oleh empunya, edaann, Yap, knalpot R9 Full System Titanium GP Series ini membuat tampilan motor makin gahar. Selain itu, suara yang dikeluarkan pun luar biasa sangar.

Riding position motor ini emang sangat terasa berbeda dengan motor pendahulunya, CBR250R satu silinder yang juga merupakan motor admin sendiri. Posisi stangnya dibawah segitaga atas namun tetap sedikit di setting agak tinggi biar gak nunduk2 amat. Mungkin alasan Honda biar segi kenyamanan motor ini masih mumpuni. Tapi dibandingkan dengan Ninja ataupun R25, posisi duduk motor ini lebih menunduk. Nah sekarang pertanyaannya apakah memang betul masih terasa nyaman? ya, yg admin rasakan sih pas diajak nikung dan nanjak gak begitu terasa pegelnya, bahkan dengan ergonomi seperti ini, racy feelingnya jauh lebih terasa ketimbang mengendarai Ninja ataupun R25. Tapi ketika menemui jalan turunan, baru agak sedikit terasa pegel karena kita menahan beban tubuh kita diatas stang diawah segitiga begini. Dan ketika melibas jalanan yang sedikit rame atau agak macet, untuk meliak-liuk di kemacetan agak terasa pegre di pergelangan tangan. Ya mungkin admin lebih terbiasa bawa motor CBR250r yg satu silinder hehehe.


Nah sekarang saatnya membahas bagaimana sensasi motor ini saat di gass poll. Pada motor ini terdapat tiga riding mode, yaitu comfort, sport dan sport +. Saat riding mode diposisi comfort, memang tarikan motor agak sedikit tertahan dan berat. Tapi admin penasaran ingin mencoba tarik throttle lebih dalam di mode comfort dan hasil yang didapat menempuh kecepatan 120km/jam, lumayan lah karena kondisi jalanan juga agak rame disaat riding malam jam 9 jadi agak ngeri kalo bawa kenceng2. Masuk ke mode sport, tarikan motor terasa lebih gila lagi dan responsif, setiap RPM tidak terasa ada power yang loss, bener2 ngisi terus sampe menempuh kecepatan 150/jam. AJIIIBBB.
Meskipun dalam mode sport, tarikannya yang liar tersebut tetap terasa halus dengan diiringi suara mesin dua silinder yang merdu hehe. Nah admin belum sempet nih nyoba yang mode sport + karena kondisi jalan tidak memungkinkan untuk membejek motor dengan kenceng. Tapi menurut pengakuan empunya, dia pernah ngetes performa nih motor dengan mode sport+ di jalanan yang kosong, dan dia mendapatkan top speed 190 km/jam. alaamak luar biasa kencang dan berani kali laek kita satu ini hahaha.

Kalo dari segi suspensi, motor ini terdiri dari kombinasi dari suspensi monoshock dengan link untuk di belakang dan upside down untuk di depan. Sensasi berkendara dengan kombinasi suspensi seperti ini terasa udah kayak naik motor mewah cuy, ketika dipake ngehajar jalanan keriting, respons reboundnya terasa pass jadi nggak terlalu keras dan tidak juga terlalu empuk. Suspensi depan yang mengadopsi jenis upside down memiliki karakter redaman yang lebih keras dibandingkan dengan suspensi jenis teleskopik, dan shock jenis ini sangat cocok digunakan untuk kecepatan tinggi dan diajak menikung motor lebih stabil. Jadi, saat dipadu dengan feeling suspensi monolink belakang yang aduhai, memabuat kombinasi ini juara banget !  . . nggak percaya? Silahkan coba sendiri cuy !

Overall secara Kualitas dan performa Honda CBR250RR ini memang cukup recomended banget. Apakah admin berlebihan dalam menilai? gini aja, silahkan test sendiri saja lalu rasakan apakah yang admin rasakan adalah benar atau dibuat-buat ? monggo kita bisa sharing bareng di kopdar Honda CBR Indonesia setiap Jumat malam di Taman Menteng, Jakarta Pusat.  Semoga berguna...

HCI...GASS TERUSS!!!



Leave a Reply

Tinggalkan Komentar Brother disini. Keep Comment, Keep Solid and Keep Brotherhood Bikers Forever. Salam HCI

    Related Blog

    Related Blog